Kamis, 28 Februari 2013

resep soto surabaya (warisan keluarga)

em, ini kedua kalinya bikin soto ayam. heheheheee, tapi kata mama udah jago (ya iyalah orang anaknya yang masak jadi di bilang enak). biar ga lupa aja mau nyimpen resepnya, walaupun diluaran udah banyak tapi krn ini langsung dri orang tua sendiri jadinya pengen disimpen buat arsip.

Soto Ayam
bumbu :
1. bawang merah
2. bawang putih
3. jahe
4. kunyit
5. kemiri
6. laos/ lengkuas
7. sereh
8. daun jeruk
9. ketumbar
10. ayam
11. daun bawang

cara memasak :
1. bersihkan ayam hingga yakin sudah bersih rendam pakaiair jeruk sama lada sebentar, terus bilas lalu rebus hingga matang. angkat ayam dari kuah kaldu, goreng sebentar (jangan sampai kering).
2. goreng sebentar bahan dari no 1 hingga 5, lalu haluskan. masukkan bumbu kedalam kaldu. panaskan.
3. masukkan laos dan sereh yang sudah di keprek. kemudian masukkan daun jeruk. lalu ketumbar.biarkan bumbu masak hingga tercium harum.
4. setelah bumbu masak berilah garam dan gula. taburi potongan daun bawang sesaat sebelum soto selesai.
untuk ayam bisa di suwir2 atau dijadikan satu dalam kuah, saya lebih suka langsung dimasukkan biar praktis, karena ayam yang saya gunakan biasanya bagian paha dan sayap juga sedikit kulit.
5. soto siap di hidangkan.

wah, saya tdk sempat mendokumentasikannya. jadi tdk bisa nampilin hasilnya. tapi bukannya no pic hoax loh.

silahkan mencoba

cat: untuk ukuran bumbu saya biasanya kira2 tergantung paci yang digunakan.
saya baru tahu ternyata yang bikin jadi enak itukrn bumbunya digoreng dulu baru di haluskan, pantas saja wktu itu pernah liat tante saya bikin bumbunya tuh dihalusin dulu baru di goreng  tapi rasanya ga kaya bikinan mama, jadi bisa dibilang itu rahasianya.
satu lagi,ternyata soto kya rawon nginep tambah enak. bikin pagi dimakan sore atau besok paginya lebih enak.

2 komentar:

Blog wisnu mengatakan...

thanks infonya ya....
mudah2an banyak manfaatnya

Unknown mengatakan...

Iya semoga bermanfaat. Terimakasih sudah berkunjung.
Ini aja saya liat lagi, udh lama ga bikin, ke rada lupa...