Senin, 04 Maret 2013

perkedel jagung bungkus


pasti bingung judulnya perkedel jagung tapi tampilannya beda...hehehehe.
iya, betul perkedel jagungnya di bungkus kulit lumpia (duh saya tuh hobi bgt bikin makanan dibungkus kulit lumpia) terus di kukus deh.
nah sekarang mau share deh gmn ngolahnya.

bahan :
1. jagung manis
2. udang (optional, bisa juga di ganti ayam)
3. tepung terigu
4. kulit lumpia
5. telur (biasanya saya hanya menggunakan 1)
6. daun bawang (optional)
7. tepung maizena / sagu

bumbu:
1. bawang putih
2. bawang merah
3. kunci
4. kemiri
5. cabe
6. lada
7. gula & garam

diolahnya :
1. untuk bumbu, no 1 sampai 5 ditambahkan gula ( tak perlu banyak karena jagungnya sudah manis) haluskan.
2. tuang hasil bumbu yang di haluskan kewadah, beri garam dan lada secukupnya kocok hingga larut dan merata.
3. masukkan bahan jagung (untuk jagung biasanya saya peretelin kya bentuk jagung buat makan burung, bukan di sreset pke pisau, ini supaya air jagung tdk keluar sehingga pemakaian tepung tidak banyak, jadi lebih dominan jagung).
4. udang yang sudah dikupas bersih dan di iris sesuai selera.
5. tepung terigu, telur dan irisan daun bawang.
6. bahan yang sudah jadi bisa langsung di goreng, atau
7. tambahkan tepung maizena atau sagu kemudian di bungkus menggunakan kulit lumpia lalu di kukus (pic diatas) dan di goreng kembali.

seperti biasa, saya tidak memberi ukuran pasti bumbu karena bisanaya saya membuatnya berdasarkan byknya bahan.

well, semoga membantu.


cat : untuk telur saya hanya menggunakan 1 butir meskipun bahannya agak banyak, soalnya telur disini biar hasil perkedel jagung yang langsung digoreng tidak keras.

Tidak ada komentar: