Kamis, 24 Juli 2008

politisi

Pernah denger nama Budiman Sudjatmiko?....nama ini sepertinya familiar buat saya, tapi saya tak ingat dengar dimana. Kemarin kebetulan saat lagi asik nonton tv ada suatu acara yang dibawakan oleh bona Indonesia idol, nama acaranya kalau tidak salah …..youthinfo..
Kebetulan bapak sudjatmiko sebagai bintang tamunya. Beliau adalah seorang politisi, sekarang bergabung dalam salah satu partai politik berbendera merah. Dalam acara tersebut bapak sudjatmiko tak ragu membagi pengalaman hidupnya didunia politik yang begitu mengerikan buat saya. Berawal dari membaca biografi seorang patriot besar kita bung karno inilah yang memunculkan dasar pemahaman politik yang hebat dalam diri Budiman Sudjatmiko. Dimulai saat duduk di bangku SMA, budiman membentuk suatu kelompok diskusi kecil yang membicarakan banyak hal, hingga masuk masa perkuliahan budiman yang memang kritis ikut bergabung dalam lembaga mahasiswa yang berperan dalam pergulingan masa orde lama. Banyak masa yang dilalui olehnya termasuk keluar masuk penjara. Karena seperti yang kita tahu bahwa setiap seseorang yang berani mengutarakan suaranya , maka resikonya akan ditangkap. Begitulah yang dialami budiman, 6 x dia harus masuk penjara..begitu mengerikan menurutku, tapi dia merupakan orang yang hebat meskipun undergraduate, dia bisa meneruskan jenjang S2 di luar negeri, bahkan dia mengikuti program S2 dua kali saat dia merasa ilmu yang dimilikinya masih kurang…waw….

Beliau orang yang memiliki pembawaan yang tenang dan berwibawa, mengagumkan. Seperti yang dikatakan bona “ mungkin adem kali yah kalau kita memiliki seorang pemimpin seperti beliau “ sambil menunjuk ke arah budiman sudjatmiko..

Sempat di Tanya apakah beliau akan mengajukan diri sebagai president?..dan dengan tenang di jawab..” sementara saya akan duduk di kursi DPR dahulu sambil menggukur diri. Saya ingin tahu apakah saya mampu. Karena kita tahu masyarakat kita pun pandai menilai mana pemimpin yang Cuma janji saja dan mana yang benar2 seorang pemimpin”


Satu fakta lagi yang baru saya tahu, bahwa xanana gusmau dulu pernah ditahan di LP cipinang bersama Budiman Sudjatmiko…

Semoga saja budiman sudjatmiko dapat menjadi pemimpin di kemudian hari, dan tetap menjadi budiman sudjatmiko yang selama ini ada saat beliau kelak memimpin. Karena beliau pemimpin yang bersahaja, membuat orang yang diajak bicara akan bersemangat untuk terus maju, dengan pemahaman yang kuat.

Tidak ada komentar: